Arahan Mendikbud Sulit Terealisasi, Ini Alasannya

Nadiem makarim (CNN)

banner 800x800

banner 400x400

Jakarta, hajinews.id,- Arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem makarim dalam pidatonya dinilai sulit diterapkan oleh para guru. Pasalnya guru berada di bawah kepala daerah, bukan Mendikbud secara langsung. Karena itu guru menghadapi birokrasi dalam tugasnya sehari-hari.

Pemerhati pendidikan Indra Charismiadji mengatakan guru selama ini dibebani urusan administrasi dan berhadapan dengan budaya birokrasi yang selama ini sudah terbentuk. Tanggungjawabnya kepada Dinas dan kepala daerah, bukan kepada menteri.

Sebelumnya, naskah pidato Mendikbud Nadiem Makarim dalam rangka Hari Guru Nasional 2019 menyita perhatian publik. Dalam naskah yang akan dibacakan pada Senin (25/11) itu, Nadiem menyadari selama ini guru menghadapi sejumlah masalah yang merintangi mereka menjalankan tugas membentuk generasi masa depan.

Bacaan Lainnya

Salah satu masalah yang ia soroti adalah guru memiliki tugas membentuk masa depan bangsa, tapi lebih sering diberi aturan dibandingkan pertolongan. Guru juga ingin membantu murid yang tertinggal di kelas, namun menurut Nadiem, waktunya habis untuk mengerjakan tugas administratif tanpa manfaat yang jelas.

Karenanya, Nadiem meminta para guru untuk memulai perubahan lewat lima langkah, yaitu mengajak kelas berdiskusi bukan hanya mendengar, kemudian beri kesempatan pada murid untuk mengajar di kelas, cetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh kelas, temukan suatu bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri, dan tawarkan bantuan kepada guru yang sedang mengalami kesulitan.

“Saya tidak akan membuat janji kosong kepada Anda. Perubahan adalah hal yang sulit dan penuh ketidaknyamanan. Satu hal yang pasti, saya akan berjuang untuk kemerdekaan belajar di Indonesia,” ucap mantan Bos Gojek itu seperti dikutip dari ‘Pidato Mendikbud pada Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional 2019’ di situs Kemendikbud, Sabtu (23/11). (fur/cnn).


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.