Renungan Pagi: Hati-hati dengan Kata Negatif





Hajinews.id,- Saat ini masih banyak orang marah dengan mengeluarkan kata-kata negatif. dari orang tua kepada anak dari atasan kepada bawahan, dan seterusnya. Hati-hatilah, kata-kata negatif itu berbahaya dan berdampak buruk di kemudian hari.

Hadits dari Abu Hurairah radiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

Bacaan Lainnya


banner 400x400

إِذَا قَالَ الرَّجُلُ: هَلَكَ النَّاسُ، فَهُوَ أَهْلَكُهُمْ. 

“Apabila seseorang berkata, ‘Celakalah manusia’, maka dia adalah orang yang paling celaka.” (H.R. Muslim)

Al-Khaththabi menjelaskan, “Maknanya, seseorang yang suka mencela manusia dan menyebutkan kejelekan mereka, dan dia berkata, ‘Manusia telah rusak dan celaka…’ atau semisalnya. Apabila dia melakukan hal tersebut, maka dia adalah orang yang paling celaka diantara mereka, maksudnya orang yang kondisinya paling jelek dalam hal dosa yang mengenainya disebabkan celaannya terhadap manusia lain (energi negative yang ia keluarkan akan kembali kepadanya).

Boleh jadi hal tersebut meng-akibatkannya ujub dan riya` terhadap dirinya sendiri, bahwa dia memiliki keutamaan di atas mereka, dan bahwa dia lebih baik daripada mereka, sehingga dia celaka. (Shahih Muslim, Kitab al-Bir, Bab an-Nahyu Min Qauli Halaka an-Nas, 4/2024, no. 2623.  dan dipertegas penjelasan dalam kitab Ma’alim as-Sunan).

Hal ini yang terjadi sekarang saling serang antar sesama umat Islam, semoga Allah melindungi kita semua aamien.

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.