Pengeroyokan Suporter, Ini Isi Protes Indonesia ke Malaysia

Gatot S. Dewo Broto (twitter)




Jakarta, hajinews.id,- Pemerintah Indonesia melayangkan nota protes ke pemerintah malaysia ihwal pengeroyokan suporter Indonesia menjelang laga Indonesia vs Malaysia Selasa lalu (19/11/2019).

Nota protes tersebut bernomor 11.22.12/SET/XI/2019 dan ditandatangani oleh Sekretaris Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Secara garis besar, Kemenpora menyayangkan insiden tersebut terjadi karena telah bertentangan dengan esensi diterimanya permohonan maaf Menpora Imam Nahrawi pada 6 september lalu yang ditujukan kepada Menpora Malaysia, Syed Saddiq.

Pada waktu itu, kedua menteri sangat berharap insiden yang terjadi di Gelora Bung Karno tidak terulang kembali baik itu di Indoensia maupun Malaysia.

Namun demikian, Kemenpora menyatakan kekecewaan yang sangat mendalam atas insiden yang terjadi Malaysia pada Selasa lalu.

Dua poin nota protes Indonesia adalah agar Malaysia melakukan hal-hal sebagai berikut:  

1. Melakukan proses hukum atas terjadinya penganiayaan yang dilakukan oleh oknum suporter Malaysia terhadap suporter Indonesia secara prosedural obyektif dan transparan.

2. Menyampaikan permohonan maaf secepatnya kepada Pemerintah Republik Indonesia, karena ketika insiden serupa terjadi di Stadion GBK pada tanggal 5 September 2019, maka langsung besok paginya Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia menyampaikan permohonan maaf. Itikad baik permohonan maaf ini sesungguhnya pernah dilakukan oleh Menteri Sukan dan Belia Malaysia Khairy Jamaluddin pada tanggal 20 Agustus 2017 langsung kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia saat berlangsung SEA Games 2017 di Kuala Lumpur akibat insiden bendera yang terbalik.

(fur/detik/bola/kompas).

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.