Tidak Banyak yang Tahu. Keutamaan Baca Surat Al Kahfi di Hari Jum’at

banner 800x800 banner 678x960

hajinews.id — Meski jumlah umat Islam di Indonesia mencapai 222 juta jiwa, namun belum banyak muslim yanh tahu keistimewaan dan keutamaan amalan membaca Surat Al Kahfi pada malam Jum’at atau hari Jum’at. Atau sudah mengetahui namun enggan menjalankannya.

Padahal, membaca Surat Al Kahfi merupakan sebuah amalan yang dianjurkan atau Mustahab pada hari Jum’at. Disebabkan pahala yang begitu besar dan sangat mulia. Hal ini sebagaimana informasi yang dikabarkan oleh orang yang benar dan membawa ajaran yang benar yaitu Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam (SAW).

Bacaan Lainnya


banner 678x960

Surat Al Kahfi termasuk dalam golongan Surat Makiyyah atau Surat yang diturunkan di kota Makkah. Surat Al Kahfi atau Ashabul kahfi merupakan Surat ke-18 dalam Al-Quran yang terdiri atas 110 ayat.

Berikut sejumlah hadits-hadits tentang Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi:

Hadits pertama:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.” (HR. Ad Darimi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6471)

Hadits kedua:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470)

Dalam riwayat lain masih dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu’anhu
Artinya : “Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum’at.” (HR. Al-Hakim: 2/368: 3/249.

Ibnu Hajar mengomentari hadits ini dalam Takhrij al-Adzkar, “Hadits hasan.” Beliau menyatakan bahwa hadits ini adalah hadits paling kuat tentang surat Al-Kahfi. Syaikh Al-Albani menshahihkannya dalam Shahih al-Jami’, no. 6470)

Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, berkata: Rasulullah SAW bersabda;
Artinya: “Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.”

Semoga Allah SWT memberikan keringanan dan kemudahan bagi Anda untuk membaca Surat AL Kahfi di Hari Jum’at yang penuh kemuliaan ini. Aamiin.


banner 800x800

Pos terkait



banner 400x400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *