JK: Masjid Apung Ancol akan Jadi Ikon Wisata Religi Baru





Jakarta, hajinews.id,- Masjid Apung di Ancol Jakarta utara resmi dimulai setelah diresmikan pembangunannya Sabtu 99/11/2019) oleh Gubernur DKI Jakarta dan Ketua dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla.

Anies berharap masjid ini bukan hanya menjadi salah satu tempat bagi pemprov untuk mendapatkan pendapatan yang cukup, tapi juga fungsi sosial dan fungsi pembangunan.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Menurutnya, masjid apung ini akan menjadi yang pertama di Jakarta. Ia pun berpesan agar pembangunan masjid ini dapat menginspirasi dibangun tempat-tempat serupa lainnya.

“Pesan saya on schedule, on quality, on budget. Kalau tiga ini dipegang, akhir tahun depan kita bisa rasakan masjid ini. Dan Ramadan tahun depan, masjid ini bisa jadi tempat iktikaf,” tutur Anies.

Sementara Jusuf Kalla mengungkapkan pembangunan masjid apung ini bisa menjadi wisata religi baru.

Rancangan masjid apung Ancol (dok)

Selama ini, JK menilai Ancol dikenal dengan hiburan-hiburannya. Namun, masjid apung ini, selain bisa menjadi tempat wisata baru, juga dapat memenuhi kebutuhan beribadah bagi umat Muslim yang sedang berada di Ancol.

“Tadi saya katakan, dulu Ancol terasosiasi dengan hiburan. Karena jadi hiburan, keluarga, orang pun tak punya batas waktu. Dulu Ancol malam ramai, kalau sekarang siang malah lebih ramai. Itu hubungannya kebutuhan pokok waktu dan ibadah,” ujar JK.

Masjid Apung Ancol ini dibangun di atas lahan seluas 2.000 meter persegi yang mampu menampung 2.500 jemaah. Biayanya dirancang Rp50 milyar. Bangunannya akan berbentuk segi lima, yang mencerminkan rukun Islam dan waktu salat wajib dalam satu hari. (fur/kumparan).

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.