Gitar Sukoharjo Nyaringnya Hingga ke Mancanegara


banner 800x800

banner 400x400

Sukoharjo, Hajinews.id,- Anda mungkin belum tahu kalau gitar industri lokal kita nyaringnya sampai ke mancanegara. Itulah gitar produksi Sukoharjo Jawa Tengah, yang tersebar di sejumlah desa. Untuk kecamatan Baki saja ada lima desa pengrajin gitar. Industriya ada desa Bentakan, Mancasan, Gedngan, Menuran dan Ngrombo.

Pemasaran Industri gitar di Sukoharjo sudah tersebar ke berbagai kota besar Seperti Yogyakarta,Solo,Semarang Maupun negara tetangga seperti Malaysia, Singapura. Bahkan negara eropa seperti Denmark dan Jerman .

Bacaan Lainnya

Gitar-gitar produksi desa-desa ini ternyata mampu menghidupkan perekonomain setempat. Industri kreatif ini mampu menyerap tenaga kerja ratusan bahkan ribuan jika digabung dengan perjalanan industri ini dari pra produksi hingga penjualannya.

Dari sebanyak 174 industri di kecamatan Baki, omsetnya mencapai  56 milyar rupiah, pendapatannya 21 milyar dan labanya 18 milyar. Secara keseluruhan industri kreatif ini mampu menyokong nilai tambah sebesar 13,27 triliun atau sebesar 38,80 % dari total PDRB Kabupaten Sukoharjo.

Wajar kalau industri kreatif ini jadi kebanggaan masyarakat, bukan hanya meeka terhibur dari dentingan tali gitar tetapi juga roda perekonimian yang selalu menghibur. Jika anda berminat membeli gitar produksi lokal asal Sukoharjo ini, berarti sudah menghargai produk lokal.(Andi Nurdiansyah)


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.