Mutiara Hikmah: Apakah Kita Benar-Benar Bersama Allah?


banner 800x800

banner 400x400

Hajinews.id, – Banyak orang mengatakan bahwa janganlah takut karena Allah beserta kita. Ucapan ini menjadi lazim diucapkan apakah sekadar menghibur ataukah sekadar meyakinkan bahwa kita benar-benar dalam kekuasaan-Nya sehingga kita tetap dalam lindungan-Nya.

Allah berfirman:

Bacaan Lainnya

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّبِيُّ حَسۡبُكَ ٱللَّهُ وَمَنِ ٱتَّبَعَكَ مِنَ ٱلۡمُؤۡمِنِينَ

“Wahai Nabi (Muhammad)! Cukuplah Allah (menjadi pelindung) bagimu dan bagi orang-orang mukmin yang mengikutimu.” (QS.Al-Anfal:64)

Dari ayat yang singkat ini kita daat mengambil banyak pelajaran penting seperti :

1. Tak perlu khawatir dengan sedikit banyaknya pendukung kita, namun yang perlu dikhawatirkan adalah ketika kita lalai dan lupa diri sehingga tidak termasuk dalam golongan Allah swt.

2. Ketika seseorang membenahi hubungannya dengan Allah dan sampai pada derajat keyakinan bahwa tidak ada kekuatan dan keagungan yang bisa menandingi Allah, maka ia akan meraih ketenangan dalam hidupnya. Bukankah ayat diatas adalah penjamin bagi Rasulullah saw dan seluruh pengikut setia beliau?

“Wahai Nabi (Muhammad)! Cukuplah Allah (menjadi pelindung) bagimu dan bagi orang-orang mukmin yang mengikutimu.”

3. Allah swt akan memenuhi semua kebutuhan seseorang selama ia menggantungkan seluruh harapannya hanya kepada Allah swt.

Maka tidak ada satu pun kekuatan yang perlu ditakuti bila kita selalu bersandar kepada Yang Maha Kuat.

وَلَا تَهِنُواْ وَلَا تَحۡزَنُواْ وَأَنتُمُ ٱلۡأَعۡلَوۡنَ إِن كُنتُم مُّؤۡمِنِينَ

“Dan janganlah kamu (merasa) lemah, dan jangan (pula) bersedih hati, sebab kamu paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang beriman.” (QS.Ali ‘Imran:139)

4. Maka ingatlah bahwa kebersamaan kita dengan Allah cukup untuk melindungi dan mencukupi segala keperluan dalam hidup !

ٱلَّذِينَ قَالَ لَهُمُ ٱلنَّاسُ إِنَّ ٱلنَّاسَ قَدۡ جَمَعُواْ لَكُمۡ فَٱخۡشَوۡهُمۡ فَزَادَهُمۡ إِيمَٰنٗا وَقَالُواْ حَسۡبُنَا ٱللَّهُ وَنِعۡمَ ٱلۡوَكِيلُ

(Yaitu) orang-orang (yang menaati Allah dan Rasul) yang ketika ada orang-orang mengatakan kepadanya, “Orang-orang (Quraisy) telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka,” ternyata (ucapan) itu menambah (kuat) iman mereka dan mereka menjawab, “Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung.” (QS.Ali ‘Imran:173)

Semoga bermanfaat…


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.