Ingin Naik Haji Murah, Berangkatlah dari Amerika!

Tiga agen travel umrah dicabut izinnya karena melanggar ketentuan.




Jakarta, hajinews.id,- Naik haji dari Amerika Serikat (AS) disebut jauh lebih murah daripada dari Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh pendiri biro perjalanan haji dan umrah di Amerika.

Sebagai perbandingan biaya naik haji dari Amerika dan dari Indonesia bisa dilihat berikut ini.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) di Amerika paling tinggi 13.000 Dolar AS atau sekira Rp182.726.700. Dengan fasilitas dan layanan yang sama, ONH Plus di Indonesia bisa mencapai 20.000 Dolar AS atau sekira Rp281.118.000.

Pendiri biro perjalanan haji dan umrah Nusantara Foundation USA di New York, Shamsi Ali mengatakan, tahun ini Nusantara Foundation mulai memberangkatkan jamaah haji untuk pertama kalinya dengan biaya sampai 9.000 Dolar AS atau sekira Rp 126.503.100.

Dengan harga 9.000 Dolar AS, terang Shamsi Ali, jamaah haji dari Amerika sudah bisa tinggal di hotel bintang lima di Makkah maupun Madinah dengan fasilitas yang tidak kalah dari jamaah haji dari Indonesia yang terkadang membayar sampai 20.000 Dolar AS. Ini menunjukkan naik haji dari Amerika jauh lebih murah dari Indonesia.

“Ketiadaan birokrasi juga membuat proses perjalanan haji sangat mudah,” ujar Shamsi Ali.

“Kita tidak punya kuota jadi masing-masing travel agen punya hak untuk merekrut,” terang Shamsi Ali.

Banyaknya kutipan mungkin jadi penyebab tingginya ONH di Indonesia. Apalagi pengutipan terjadi karena jalur pengurusan pemberangkatan haji yang berlapis.

“Kemungkinan besar ada bayar sini, bayar situ di Indonesia terbiasa untuk memudahkan urusan, biasanya ngasih…ya. Saya tidak ingin memakai kata negatif, tetapi biasanya ngasih nyuap lah. Nah itu masih terjadi,” kata Shamsi Ali.(okz).

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.