Tak Disangka, Relawan Bersih Masjid Dapat Umroh Gratis

Romadiyanto




Jakarta, hajinews.id,- Siapa yang menyangka seorang relawan yang biasa membersihkan masjid ke masjid mendapat hadiah gratis umroh ke tanah suci. Dialah Romadiyanto yang diberangkatkan ke tanah suci oleh trans7.

Romadiyanto sudah menjadi pelopor dari sebuah organisasi yang dinamakan Gemas atau Gerakan Membersihkan Masjid sejak tahun 2014.

Ia membentuk organisasi ini karena melihat keprihatinan kondisi sejumlah masjid atau musala di Jakarta. Karpet yang berdebu, tempat wudu yang berlumut, lantai yang kotor, sampai halaman yang kurang terawat.

Kondisi masjid menjadi kurang nyaman. Sehingga para jemaah enggan berkunjung untuk beribadah di rumah Allah.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Sebagian orang mungkin menganggap, menjaga dan merawat kebersihan masjid adalah tanggung jawab seorang takmir atau marbot. Namun, bagi Romadi, membersihkan masjid adalah tanggung jawab seluruh umat muslim, termasuk dirinya sendiri.

Sejak itu ia mulai mengajak teman-temannya bergotong royong untuk membersihkan masjid dan idenya disambut antusias oleh mereka. Seperti di Sabtu yang cerah itu, Masjid Nurul Amal, di kawasan Pondok Kopi, Jakarta Timur dipilih berdasarkan rekomendasi salah satu anggota Gemas.

Ada yang menggulung karpet, menyapu lantai, mengepel lantai, membersihkan kipas angin, jendela, tempat wudu, kamar mandi sampai mengecat tembok bagian luar masjid.

Kegiatan sosial ini dilakukan secara ikhlas dan sukarela. Tanpa dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Peralatan yang digunakan juga berasal dari sedekah para relawan.

Romadi dibantu sahabatnya, Nurdin, juga membuat inovasi alat membersihkan karpet. Sejak tahun 2015, alat ini terus berkembang. Agar hasilnya lebih maksimal, alat ini telah menggunakan mesin dinamo. Sehingga biasa bekerja lebih efisien, cepat dan hemat energi.

Setelah dirakit, ujung karpet dijepit dengan penjepit khusus. Lalu mesin karpet siap melaju cepat.

Sekarang relawan Gemas sudah ada sekitar 300 anggota dan rutin membersihkan masjid secara bergantian setiap hari Sabtu dan Minggu. Gemas kini sudah membersihkan 50 masjid di Jabodetabek.

Romadi juga menjadi badan pengawas dalam Yayasan Mualaf Center sejak tahun 2010. Ia aktif mendampingi mualaf.

Hari itu, ketika sedang memberikan kajian, Romadi mendapatkan berita yang tak pernah disangkanya. Tim Kain Ihram Trans7 mengabarkan kalau ia terpilih untuk berangkat umrah ke tanah suci.

Baginya Romadi, ini adalah hadiah terindah yang penuh berkah dari Allah. Alhamdulillah. (fur/detik).

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.