Di Hari Santri, Provinsi Jateng Luncurkan Toko Santri Gayeng

Pembukaan Hari Santri oleh Gus Yasin (dok)




Rembang, hajinews.id,- Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berencana meluncurkan unit usaha yang bernama Toko Santri Gayeng (Tosaga). Hal itu dikatakan oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen saat menghadiri rangkaian perayaan Hari Santri Nasional tingkat Jawa Tengah di Kabupaten Rembang.

Taj Yasin menjelaskan, Tosaga merupakan toko yang murni dikelola oleh kalangan santri untuk masyarakat umum. Sistemnya, sama dengan toko retail maupun swalayan yang sudah ada saat ini. Hanya saja, mulai dari proses produksi barang, sampai penjualan semuanya dari kalangan santri.

“Ini adalah toko retail berbasis swalayan sehingga masyarakat bisa langsung melihat dan mengambil seperti ritel sebagaimana toko modern yang ada saat ini. Itu tidak tergantung dengan perusahaan besar. Kita kelola sendiri, kita bangun sendiri dengan cara yang lebih baik, pengelolaan yang lebih baik,” kata Yasin saat berkunjung pada pameran UMKM santri di Rembang, Selasa (21/10/2019).

Yasin menyebutkan Tosaga memiliki keunggulan tersendiri jika dibanding dengan toko retail pada umumnya. Sebab, Tosaga nantinya akan menjual produk UMKM dari masyarakat umum. Serta akan membuka jaringan kerja sama seluas mungkin.

“Kelebihannya kalau toko ritel tidak bisa memasarkan barang UKM, di sini bisa menjual barang-barang produk lokal, para pelaku UKM kita ajak bekerja sama. Pengusaha kita undang, pelaku UKM,” terangnya.(fur/detik).

banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.