Video Putin Main Piano Lagu Indonesia Raya Buat Jokowi, Ternyata Hoax





Jakarta, hajinews.id,- Saat pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin warga yang mengakses dunia maya cukup terhibur dengan beredarnya video Presiden Rusia Vladimir Putin yang sedang main piano. Lagunya adalah lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Lagu ini kabarnya untuk menghormati dan sebagai ucapan selamat Putin kepada Prsiden Jokowi. “Special penghormatan Presiden Rusia Vladimir Putin utk perident RI Djoko Widodo…bravo,” begitu tulis pesan tersebut.

Bacaan Lainnya


banner 400x400

Namun setelah ditelusuri oleh tim fakta yang dikutip mainmain.id pada 20 Oktober 2019, berita video itu hoax.

Setelah ditelusuri, video itu menurut BBC terjadi pada bulan 14 Mei 2017 saat Putin sedang menunggu kedatangan Presiden China Xi Jin Ping untuk membicarakan One Belt One Road. Ketika itu lagu yang dimainkan Putin adalah mengenai Moskow dan Saint Petersburg. Lagu tersebut berjudul Moscow Windows dan The City Over the Free Neva (Merdeka,com, 16 Mei 2019).

Kita tunggu saja apa kata Kementrian Komunikasi dan Informatika yang setiap bulan biasa melaporkan berita hoax yang beredar di masyarakat.  Namun dari video, suara lagu dan tekanan jari jemari Putin yang tidak pas, bisa jadi menunjukkan video yang beredar itu adalah benar hoaxnya. Wallahu a’lam (fur).

Bandingkan dua video di bawah ini:

video asli
https://www.youtube.com/watch?v=qbG91GZgIvM
video hasil editan
banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.