Sempat Terputus, Internet Telkom di Indonesia Timur Kembali Normal


banner 800x800

banner 400x400

Sebagian besar pelanggan Telkom dan Telkomsel di Indonesia Timur mengeluhkan sulit mengakses internet sejak Sabtu (12/10) sore. Hal tersebut ternyata disebabkan oleh terputusnya kabel fiber optik milik Telkom di dua titik jalur darat di Sulawesi Selatan, yakni Makassar dan Takalar.

Dampak terputusnya kabel fiber optik ini berimbas pada kualitas layanan internet milik Telkom dan Telkomsel di sejumlah wilayah Sulawesi, Papua, Maluku, dan Kalimantan yang menurun dan bahkan tidak bisa diakses.Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara menjelaskan, menurut informasi yang didapatnya, kabel fiber optik milik Telkom sudah dilakukan perbaikan dan dampak yang terjadi sudah diminimalisir.

Bacaan Lainnya
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memberi sambutan di peluncurkan program Digital Talent Scholarsip “SIMONAS” Jakarta, Kamis (5/9). Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan

“Saya sudah dapat info mengenai hal tersebut. Saya udah dapat update, kalo kabel itu udah diperbaiki dan udah kembali normal. Jadi pelanggan Telkom dan Telkomsel sudah bisa akses internet sekarang,” jelasnya saat ditemui usai “Kick Off Piala Presiden Esport 2020” di Jakarta, Minggu (13/10).Dimintai konfirmasi terpisah, General Manager External Corporate Communications Telkomsel, Aldin Hasyim, memastikan layanan internet sudah kembali beroperasi normal dan dapat dinikmati pelanggan secara menyeluruh.

Logo jaringan internet 4G LTE Telkomsel. Foto: Dok. Telkomsel

“Sehubungan dengan sempat terjadinya gangguan kabel optik “backbone” Telkom antara Kota Makassar-Takalar yang menyebabkan penurunan kualitas layanan Telkom Group di beberapa wilayah di Sulawesi, Kalimantan, Papua, dan Maluku pada Sabtu, 12 Oktober 2019 mulai pukul 15.50 WITA, maka dapat disampaikan bahwa mulai pukul 22.30 WITA layanan akses data Telkomsel sudah kembali beroperasi normal dan dapat dinikmati pelanggan,” ungkapnya dalam siaran pers yang diterima kumparan, Minggu (13/10).Aldin tidak menjelaskan tentang penyebab terputusnya kabel fiber optik milik Telkom. Namun begitu dirinya menjamin akses internet sudah bisa digunakan dengan optimal.

Layanan internet rumah IndiHome. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan

“Kami senantiasa berkomitmen memberikan yang terbaik dengan selalu berupaya menjaga kualitas layanan dan memprioritaskan pemenuhan kebutuhan pelanggan serta masyarakat secara umum,” jelasnya.Sebelumnya, akibat terputusnya kabel fiber optik milik Telkom tersebut, pelanggan IndiHome dan Telkomsel sulit mengakses internet. Meski begitu, para pelanggan masih bisa menggunakan layanan SMS dan panggilan telepon seperti biasa.


banner 400x333

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.